dr. Sien Setiawan : Keunggulan RSUD Kabupaten Melawi Ada di Ruangan Radiologi

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Perkembangan dunia kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Melawi, semakin meningkat. Terbukti, saat ini RSUD Kabupaten Melawi sudah memiliki dan mengoperasikan unit CT Scan, dimana unit itu sudah diresmikan oleh Panji, S.Sos Bupati Melawi sejak bulan April 2020 lalu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kabupaten Melawi dr. Sien Setiawan mengatakan bahwa keunggulan RSUD Kabupaten Melawi ada di Ruangan Radiologi, yaitu RSUD Kabupaten Melawi telah memilik mesin Computerized Tomography Scan  ( CT-Scan ) adalah suatu alat pencitraan atau prosedur medis untuk menggambarkan bagian-bagian tubuh tertentu menggunakan bantuan sinar-X khusus. Dibandingkan dengan foto rongsen, CT scan lebih detil karena mengambil gambar dari potong-potongan organ yang diperiksa.

“ Keunggulan pelayanan RSUD ada di gedung ini, karena mesin CT Scan sangat langka, tidak semua rumah sakit bisa memiliki unit CT Scan. Keuntungan mesin CT Scan bisa mendiagnosa berbagai macam penyakit yang tidak bisa terdiagnosa oleh mesin ronsen biasa, misalnya pembuluh darah diotak yang pecah akibat Strok, bisa dideteksi oleh CT Scan, pembuluh darah mana yang pecah, besar luas pendarahan dan letaknya yang akurat, bahkan kita bisa melihat ada kelainan kanker di organ-organ tubuh dengan jelas dan spesifik, salah satu keunggulan dimasa pandemi Covid-19 ini, jika ada pasien yang terpapar positif Covid-19, gambaran paru-paru pasien sangat khas dan hanya bisa dideteksi paru-parunya oleh CT Scan, “ terang dr. Sien. Kamis (6/8/20).

Dijelaskan nya juga bahwa didalam ruangan gedung khusus untuk instalasi radiologi, selain mesin CT Scan, ada mesin USG, mesin X Ray Station dan Mobile X Ray Station dan SDM nya ada satu dokter spesialis radiologi dan ada 7 staf D3 radiolaser.

Dari 14 Kabupaten baru 7 Rumah Sakit Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki mesin CT Scan. “ Kita bersyukur RSUD Kabupaten Melawi termasuk salah satu yang mendapatkan bantauan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) pusat pada tahun 2019. Ada beberapa pasien-pasien dari Kabupaten tetangga yang memeriksakan CT Scan nya ke RSUD Melawi, Kita punya program unggulan menjadi tempat rujukan periksaan radiologi CT Scan, “ tambahnya.

Direktur RSUD juga menyampaikan kepada masyarakat Melawi sudah bisa memanfaatkan pelayanan CT Scan setiap hari kerja dan sangat bermanfaat buat mendiagnosa berbagai penyakit yang tidak bisa terdeteksi oleh alat pemeriksaan lain.

Terkait dengan pelayanan rujukan pasien BPJS di RSUD Melawi dr. Sien mengatakan, sebagai RSUD tipe C tidak mungkin diijinkan merujuk pasien BPJS kerumah sakit yang kelasnya lebih rendah daripada tipe C dan BPJS sendiri tidak mengijinkan rumah sakit tipe C merujuk ke rumah sakit tipe D.

“ RSUD Melawi berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat, jika ada masyarakat ada menemukan hal-hal yang kurang berkenan di pelayanan RSUD, kepada masyarakat mohon bantuannya untuk melaporkan lansung secara tertulis kepada direktur RSUD atau kepada kantor BPJS Cabang Melawi dengan bukti-bukti yang otentik, biar managemen RSUD maupaun kantor BPJS Melawi bisa menindaklanjutinya, kami sangat berterimakasih masukan-masukan dari masyarakat, minimal kami bisa meningkatkan mutu pelayan, “ tutupnya.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal