Bupati Meminta Kepada BPBD dan Dinsos Segera Salurkan Bantuan Dari Provinsi Kepada Masyarakat Terdampak Bencana Banjir dan Longsor

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Melawi menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk masyarakat terdampak banjir dan longsor. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Melawi, Panji, S.Sos secara simbolis di pendopo rumah jabatan Bupati Melawi, Selasa (14/07).

Penyaluran bantuan gubernur tersebut diwakili Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Muhammad Munsif. Hadir pula kepala BPBD Provinsi Kalbar, Cristianus Lumano bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Yuline Marhaeni.

Bantuan berupa 14 ton beras dari Dinas Pangan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, serta lauk pauk, pakaian bayi, selimut dari BPBD dan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Melawi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Melawi.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur karena selau memantau kondisi bencana dan memberikan respon bantuan yang cepat kepada daerah-daerah terdampak bencana, ” ujarnya.

Bupati meminta kepada BPBD dan Dinsos untuk segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir dan longsor bersama pihak Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengatakan telah melakukan peninjauan bersama tim ke lapangan untuk melihat langsung kondisi daerah terdampak banjir dan longsor pada Minggu (12/07).

“ Saya sendiri telah masuk ke dalam rumah yang menjadi korban longsor di Sayan, Saya juga telah meminta data-data korban bencana kepada Pj. Sekda, BPBD dan para Camat se-Kabupaten Melawi, ” jelasnya.

Bupati juga telah menginstruksikan kepada Puskesmas di Kecamatan-Kecamatan untuk membuka Posko Kesehatan.

“ BPBD harus segera membuka Posko, begitupun Kecamatan dan Puskesmas di daerah terdampak, ” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Panji juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Melawi untuk segera turun ke lapangan dan meninjau kondisi jalan Provinsi serta melaporkan ke Bupati untuk segera dilaporkan kepada Gubernur Kalimantan Barat.

Bupati juga mengingatkan karena masih tinggginya curah hujan di Kabupaten Melawi, BPBD harus terus memonitor kondisi di lapangan dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Sumber : Humas Pemkab Melawi

Publis : Bagus Afrizal