Melawi Menghadapi Adaptasi New Normal

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Menindak Lanjuti Keputusan Mentri Kesahtan Republik Indonesia Tentang Pencegahan Dan Pengendalian Virus Corona di tempat kerja perkantoran dan insdustri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi serta menyikapi pernyataan WHO bahwa virus corona sebuah pandemi sehinghga berdampak pada aspek politik ekonomi sosial budaya pertanahan dan keamanan serta kesejateraan masyarakat khusunya di Kabupaten Melawi

Pemerintah Kabupaten Melawi leding sektor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Melawi bersama Polres Melawi TNI Pol PP Dinas Perhubungan Melakukan Sosialisasi Kegiatan New Normal dalam bentuk himbawan pengecekan monitoring pemberian pamplek new normal ke Cafe-cafe, warung makan, warung kopi, toko serta pasar kuliner Nanga Pinoh. Jumat (3/7/20) Malam.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi Dra.Hj Linda Purnama mengatakan dalam memberlakukan New Normal di masa pandemi Virus Corona meminta masyrakat harus disiplin serta memberikan edukasi masyarkat agar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan “ dalam penerapan tahap awal di masa new normal dalam mengawasi dan memantau pemberlakuan new normal. sasaran utama di tempat-tempat keramaian seperi Cafe-cafe, Warung makan, “ ujarnya.

Masih menurut Dra.Hj Linda Purnama, Beragam Upaya Menyongsong Adaptasi Kebiasaan Baru Telah Disusun Oleh Pemerintah Daerah. Beberapa Daerah Bahkan Telah Melancarkan Berbagai Strategi Sesuai Dengan Karakteristik Dan Budaya Daerahnya Masing-Masing.

“ Kabupaten Melawi  Telah Memulai Pergerakan Perekonomian Di Berbagai Sektor Sehingga Perlu Adanya Strategi Untuk Memastikan Masyarakat Mengikuti Protokol Kesehatan. Serangkaian Tindakan Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru Telah Disiapkan Secara Ketat. Mulai Dari Kebijakan Supervisi Bagi Tempat-Tempat Umum, Sampai Keterlibatan Beberapa Elemen Masyarakat Setempat Sehingga Mampu Membuat Angka Risiko Tinggi Penularan Menjadi Risiko Minim, “ tambahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Melawi, Syafarudin Menjelaskan Dalam Memberlakukan New Normal Di Masa Pandemi Virus Corona Masyrkat Tetap Melakukan Aktivitas Seperti Biasa

“ Masyarakat terus selalu mengikuti Protokol Kesehatan dengan menggunkan masker jaga jarak dan sering ccucu tangan pihaknya juga meminta agar dukungan masyrkat agar dalam kebiasaan New Normal bisa menekan penularan Covid 19. Dalam rangka mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju adaptasi kebiasaan baru memang tidak mudah. setidaknya, strategi awal yang harus dilakukan adalah dengan menyusun protokol kesehatan berdasarkan tingkat risiko penularan. hal ini bertujuan agar protokol kesehatan tersebut dapat bersifat responsif dan memenuhi kebutuhan yang ada masing-masing target sasaran masyarakat, “ ungkapnya.

Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana menekankan “ Kegiatan dan perekomonian masyarakat tetap berjalan namun harus mengikuti protokol kesehatan, “ jelasnya.

Penulis : Hendika

Publis : Bagus Afrizal