Hadapi New Normal, BPBD Lakukan Sosialisasi dan Himbauan Kepada Masyarakat

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi Selaku sekretaris Tim Gusus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Melawi dalam hal menghadapi persiapan New Normal yang merupakan bagian dari program pemulihan Covid-19 di Kabupaten Melawi khususnya, melakukan kegiatan sosialisasi dan himbauan-himbauan kepada masyarakat.

Drs. Gusti Syafarudin, MM Kepala BPBD Kabupaten Melawi menyampaikan demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dan langkah-langkah apa yang akan dilaksanakan dalam menghadapi New Normal serta tindak lanjut dari penutupan posko terpadu perbatasan.

” Sambil menunggu langkah-langkah dan petunjuk teknis lainnya yang akan di atur kemudian hari oleh Tim Gusus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Agar kita kembali produktif dalam New Normal dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. New Normal adalah perubahan budaya. Misalnya selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Mengingat Covid-19 penyakit yang tidak kelihatan dan belum di temukan vaksin atau obatnya, oleh karena itu diperlukan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan dengan cara pencegahan melalui Protokol Kesehatan dengan Memakai Masker seperti Pakai Masker, Jaga Jarak, Hindari Keramaian dan Kerumunan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir,” ujarnya Kamis (11/6/20).

Sebelum menerapkan New Normal, dikatakan Syafarudin BPBD akan melakukan Sosialisasi kepada masyarakat, Pendidikan,  Rumah Ibadah, Pariwisata, Pasar, restoran dan rumah makan serta tempat keramaian lain seperti menerapkan himbauan bahwa, di Kawasan Ini Diwajibkan Menjalankan Protokol Kesehatan, seperti. 1. WAJIB MASKER 2. JAGA JARAK SAAT BERINTERAKSI 3. MENCUCI TANGAN/HAND SANITIZER.

“ Kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kondisi daerah kita bersiap untuk bebas Covid-19 sesuai aturan Protokol Kesehatan. Maka diperlukan Pengendalian dan Disiplin diri Pribadi atas kesadaran masyarakat,” katanya

Tambah Syafarudin, untuk membantu pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan supaya kita cepat memutuskan mata rantai wabah ini diperlukan peningkatan kesadaran dan tanggungjawab bersama seluruh elemen dan komponen masyarakat guna penanggulangan Covid-19 menuju New Normal. Protokol kesehatan menjadi sesuatu kewajiban untuk dilaksanakan semua pihak. Menuju Percontohan Masyarakat Produktif dan aman Covid-19. Aktifitas masyarakat seperti di pasar dan di lingkungan masyarakat lainnya untuk tetap disiplin.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal