Tim Gugus Tugas Umumkan 6 Orang Penambahan Positiv Tes PCR SWAB di Melawi

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Melawi dr. Ahmad Jawahir Press Release terkait penambahan 6 orang terkomfirmasi positiv PCR SWAB di Kabupaten Melawi. Senin (01/6/20). Di rumah Jabatan Ketua DPRD Melawi.

Adapun Initialnya sebagai berikut : PCR 002 Laki-laki domesili Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh, PCR 003 Laki-laki domisili Desa Tembawang Panjang Kecamatan Nanga Pinoh, PCR 004 Perempuan Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh, PCR 005 Laki-laki domisili Desa Tembawang Panjang Kecamatan Nanga Pinoh. PCR 006 Laki-laki domisili Desa Tembawang Panjang Kecamatan Nanga Pinoh. PCR 007 Perempuan domisili Desa Tembawang Panjang Kecamatan Nanga Pinoh.

Dari ke 6 orang yang terkomfirmasi positiv telah dipastikan menjalani karantina mandiri di domisilinya masing-masing dan terkontrol oleh petugas kesehatan.

Dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Melawi menghimbau kepada masyarakat Kabupatenb Melawi untuk senantiasa mengikuti 5 protokol New Normal, yaitu bijak menggunakan pelindung diri, seperti menggunakan masker, tutup kepala, kacamata, terutama bila bersama orang lain. Bijak mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah bersentuhan dengan orang lain atau barang. Bijak menjaga Sosial Distensing bila berkerumun dan keramiana yang tidak penting. Bijak membiasakan pola hidup bersih dan sehat, yaitu segera mandi dan cuci pakaian yang telah dipakai segera ketika masuk rumah. Berikutnya jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, jaga pola makan yang bersih, sehat dan seimbang, atur waktu bekerja dengan pola istirahat dan rekreasi, perbanyak beribadah dan bersyukur kepada Tuhan. Bijak mengendalikan emosi,

Dengan melaksanakan 5 protokol New Normal ini, kita tidak hanya sekedar bisa mencegah Covid, tetapi kita bisa hidup lebih bersih, sehat, kuat dan lebih bersemangat serta lebih terbebas dari banyak penyakit.

“ Tidak lanjut dari publikasi ini, kami dari Tim Gugus Tugas akan mengundang dan bekerjasama dengan Organisasi-organisasi profesi seperti Iktan Doktor Indonesia (IDI) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Melawi. Segera kami akan melakukan rapat koordinasi guna melakukan langkah-langkah selanjutnya, “ terang Ahmad Jawahir.

Dengan penambahan yang terkomfirmasi positif hari ini tentu kita harus semakin serius, terlebih telah ditutupnya Pos Perbatasan, bukan berarti kita telah selesai tugasnya, justru kita akan melanjutkan diseluruh organisasi profesi beserta jajarannya di semua tingkatan di Kabupaten maupun di semua Kecamatan dan di Desa, terpenting lagi bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan beserta jajarannya dan Desa beserta perangkatnya.

Khusus ditujukan kepada para warga yang melakukan perjalanan  ke luar kota, kami mohon kerjasamanya melaporkan kepada jajaran kesehatan yang kemudian akan ditindak lanjuti langkah-langkah sesuai buku pedoman penanganan Covid-19 edisi ke 4 dari Kemenkes RI.

“ Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat melaporkan siapa keluarganya, warganya dan orang disekitar kita yang telah melakukan perjhalanan dari luar Kabupaten Melawi segera laporkan dan akan kita tindaklanjuti untuk kita lakukan Rafid Tes sebagai Screaning awal, “ pintanya

Dr. Ahmad Jawahir menambahkan bahwa “ Kami juga akan memberikan pemberitahuan seperti yang pernah kami lakukan sesuai protokol Kepada Jajaran Forkopimcam terkait beserta Kepala Puskesmas untuk penangganan karantina mandiri. Kami sudah menyediakan tempat karantina dengan fasilitas khusus khusus di Kenual bila dari yang terkomfirmasi positiv ini tidak berkenan atau tidak bersedia melaksanakan karantina mandiri. Namun tetap kita utamakan karantina mandiri sesuai dengan buku pedoman penanganan Covid-19. Semuanya ditujukan kepada mereka yang tidak bergejala, baik itu Rafid Tes Positiv maupun terkomfirmasi positiv. Rumah Sakit hanya disediakan bagi mereka yang masuk kategori PDP, yaitu mereka dengan gejala sedang sampai dengan berat, “ ungkapnya.

Penulis/Publis : Tim