dr. Sien Setiawan Dirut RSUD Melawi Ungkap Terkait Covid 19

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Apakah sudah tersedia Obat – Obatan untuk mengatasi Covid 19 di Melawi ?. Apakah Jika sudah Positif PCR bisa diobati di Melawi ? Bisa Sembuh dari Covid 19.

Saat ini Berbagai Jenis Obat – Obatan yang digunakan di berbagai Rumah Sakit Penanganan Covid 19 di Jakarta sudah tersedia di RSUD Melawi.

Menurut dr. Sien Dirut RSUD Melawi, memang obat spesifik khusus untuk membunuh Virus Covid 19 belum ada. Tapi ada beberapa Jenis obat -obatan yang ternyata bisa mengurangi gerakan Virus / menghambat aktivitas Virus Corona dalam tubuh manusia.

Beberapa jenis Obat anti virus seperti OSELTAMIVIR , RITONAVIR ,LOPINAVIR serta KLOROKUIN , VITAMIN C Dosis tinggi ,N – Acetyl Cistein , Azitromyci dan lain-lain sudah tersedia di Gudang Farmasi RSUD Melaw. Jenis obat OSELTAMIVIR & KLOROQUIN dikirim dari Kemenkes Jakarta.

“ Sampai tanggal 26 Mei 2020 di Indonesia sudah ada sekitar 5.877 orang yang sembuh dari 23.165 Kasus Positif COVID 19 . Sedangkan di KALBAR yang sudah Sembuh ada 44 orang dari 176 kasus yang terkonfirmasi Positif, “ tulisnya dikutip dari akun Facebook Sherwin SienRabu (27/5/20).

Masih menurut Sien, dari 5.877 kasus yang Sembuh , Mayoritas diterapi dengan Protokol kombinasi Obat Oseltamivir dengan dosis 2 x 75 mg selama 10 hari + Klorokuin dengan dosis 2 X 1 tablet selama 5 hari + Vitamin C dosis tinggi.

Alat – alat Kesehatan bantuan dari DAK 2020 : ada 3 buah VENTILATOR baru, 20 Infus Pump ,20 SYRINGE PUMP ,Suction PUMP ,Laryngoscope , dll sedang OTW dari Jakarta untuk melengkapi sarana prasarana yang sudah tersedia.

Bagaimana dengan Rencana perkembangan Pemeriksaan Virus COVID 19 di Melawi ?

“ Kemenkes sudah mengirimkan Mesin TCM – TB ke RSUD Melawi 2 minggu yang lalu. Rencana selanjutnya , dalam waktu dekat ini Cartridge untuk COVID 19 akan dikirim juga oleh Kemenkes , sehingga Penegakan Diagnosa Laboratorium Covid 19 akan bisa dilaksanakan di Melawi , Tidak perlu lagi mengirim VTM Swab PCR ke Pontianak / Jakarta. Jika Mesin TCM -TB ini sudah difungsikan maka Hasil Pemeriksaan Virus Covid 19 Bisa Keluar Hasilnya dalam 1 hari, “ terangnya.

Pengambilan APUS Tenggorokan SWAB PCR sudah bisa dilakukan oleh Petugas ATLM Melawi yang sudah terlatih. Sudah ada 60 orang yang di SWAB di Melawi oleh Team Gabungan ATLM ( Ahli Tenaga Laboratorium Medik ) RSUD Melawi dan Dinkes

“ Jadi masyarakat Melawi tidak perlu Panik , Karena Satuan Gugus Cepat Penanggulangan Covid 19 Melawi sudah menyiapkan berbagai Infrasruktur penanganan Covid 19 semaksimal mungkin. Jika Pasien Positif Covid Ringan -Sedang masih bisa di ” OBATI ” di RSUD Melawi ( dengan catatan jika tidak ada penyakit penyerta KOMORBID lainnya ), “ himbaunya

Kasus – Kasus yang berat saja yang akan dirujuk ke RS Rujukan Covid 19 di Sintang atau Pontianak. Demikian Sekilas INFO , Semoga bisa sedikit memberikan Kepercayaan Diri buat Warga Melawi.

“ Mari kita jalin Kebersamaan , Gotong Royong untuk memenangkan Peperangan menghadapi Wabah CODID 19, “ tutupnya.

Publis : Bagus Afrizal