Cegah Penyakit Sedini Mungkin, Polres Melawi Melaksanakan Rikkes Berkala

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Mendekati pelaksanaan Pilkades dan Pilkada serta mencegah penularan virus corona (Covid – 19), Polres Melawi Melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala tahap I tahun 2020 bertempat di Aula Tri Brata Mapolres Melawi. Kegiatan ini dipimpin dan dihadiri langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H didampingi Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Pejabat Utama Polres Melawi, Kapolsek Jajaran dan diikuti oleh seluruh Anggota Polres Melawi maupun ASN Polri serta Polsek Jajaran, Rabu (18/3/2020).

Pemeriksaan kesehatan ini, dilakukan oleh Team Biddokkes Polda Kalbar dipimpin dr. Edgar P.R.P Hutadjulu beserta Anggotanya dan bekerjasama dengan Team Medical Checkup Kimia Farma Pontianak.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi beserta Pejabat Utama Polres Melawi juga sangat antusias mengikuti semua rangkaian pemeriksaan kesehatan ini dengan tertib, ikut mengantri berbaur dengan seluruh Anggotanya dan mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan ini sampai selesai. Dimana seluruh peserta Rikkes berkala mengikuti seluruh prosedur mulai tahap pendaftaran online, pemberian formulir serta absen kehadiran, hingga pemeriksa kesehatan yaitu pengambilan darah, pengambilan urine, pengecekan EKG, observasi treadmill, ronsen, tensi darah dan pengecekan gigi.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H menyampaikan “Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya fasilitas Rikkes yang sudah disediakan oleh Biddokkes Polda Kalbar ini, periksa kesehatan secara menyeluruh,” pesannya.

Menurutnya, Kesehatan merupakan aspek paling berharga dalam kehidupan manusia, terlihat dari cara setiap manusia dalam menjaga kesehatan, juga besarnya harga yang harus dibayar saat sakit. Katanya, pemeriksaan kesehatan bagi anggota Polri memang patut untuk dilakukan. Mengingat, tugas Polri dalam memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat harus tetap sehat.

“Tugas kita dilapangan cukup berat. Untuk menjadi pengayom dan sekaligus pelindung masyarakat tentunya harus ditunjang dengan kesehatan fisik dan mental yang baik,” ungkapnya.

Dia juga berharap, Seluruh Personil Polres Melawi dan Polsek Jajaran dinyatakan sehat, Guna menghadapi pengamanan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada bulan April dan Pilkada Kabupaten Melawi. “Saya berharap seluruh Personil tetap sehat dan bugar dalam pengamanan Pemilu nantinya, apalagi banyak lokasi terpencil dan jauh di Melawi ini, butuh tenaga ekstra untuk menjangkaunya,” jelasnya.

Menyikapi pandemi virus corona (Covid – 19), Ia mengatakan pihaknya tetap mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona dengan cara menjaga kebersihan kantor, tempat ibadah, tempat pelayanan dengan melakukan penyemprotan disinfektan, mengecek suhu tubuh hingga menyediakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

“Kami berupaya keras mencegah penyebaran Covid – 19 ini, Melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh tempat, mengadakan pengecekan suhu tubuh hingga menyediakan hand sanitizer mulai dari Polres sampai Polsek Jajaran. Disetiap unit kerja atau satuan fungsi juga telah disediakan cairan antiseptik. Kepada seluruh anggota setelah selesai melaksanakan apel pagi, dilakukan stretching atau peregangan untuk menjaga kebugaran tubuh,” terangnya.

Kapolres juga menghimbau masyarakat Kabupaten Melawi agar tidak panik menyikapi pandemi virus corona (Covid – 19). “Karena virus ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan serta diri perorangan, misalnya biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Dan yang terakhir diharapkan masyarakat jangan sampai tertipu oleh orang yang mengatasnamakan suatu instansi atau perusahaan dan lembaga untuk melakukan penyemprotan disinfektan, harus ditanyakan surat tugas maupun identitas dari orang tersebut. Walaupun di Kabupaten Melawi belum ada ditemukan modus perampokan dengan iming-iming penyemprotan disinfektan, diharapkan masyarakat lebih mawas diri, lebih waspada dan teliti,” pesan Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi mengakhiri.

Sumber : Humas PolresMelawi/Oktavianus

Publis : Bagus Afrizal