Kembali RBM MOu Dengan BAPAS Sintang

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Awal tahun 2020 Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Juang Kabupaten Melawi, menandatangani kesepakatan kerjasama tentang Pembimbingan Kepribadian dan Rehabilitasi Klien Pemasyarakatan. MOu bersama dengan Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Sintang, ditandatangani bersama oleh para pihak. Senin (24/2/20) di Bapas Kelas II Sintang.

Tujuan MOu sebagai pedoman bagi para pihak untuk melaksanakan kerjasama dalam melakukan pembimbingan kepribadian berupa pelayanan Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial bagi Klien Pemasyarakatan pada Bapas Kelas II Sintang.

Sebagai pihak pertama MOu ditandatangani oleh Kepala Bapas Kelas II Sintang, Hendi, A.Md.,I.P dan pihak kedua Ketua RBM Kota Juang Kabupayen Melawi Marumi, S.Pd.

Kepala Bapas Kelas II Sintang, Hendi, A.Md.,I.P menyampaikan beberapa point-poin ruang lingkup kesepakatan kerjasama tersebut.

” Ruang lingkup kerjasama meliputi, Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial Klien Pemasyarakatan, melaksanakan pengawasan terhadap klien pemasyarakatan dengan kategori adiksi narkotika, serta Konsultasi dan pendampingan klien pemasyarakatan dengan kategori adiksi narkotika, ” terang Hendi.

Selain tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak Hendi juga menjelaskan tentang pelaksanaan perjanjian kerjasama.

” Secara tekhnis kerjasama ini ditindaklanjuti dengan rencana kegiatan oleh para pihak dan tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku, ” tambahnya.

Marumi, S.Pd Ketua RBM Kota Juang didampingi H. Suarli, S.Sos Ketua Rumah Famili Female Kabupaten Melawi, menyambut baik adanya kerjasama dengan Bapas Kelas II Sintang, Marumi juga menyampaikan beberapa poin-poin dalam kerjasama tersebut.

” Monitoring dan evaluasi perjanjian kerjasama ini dilakukan paling sedikit tiga kali dalam satu tahun oleh kedua belah pihak, atau disesuaikan dengan kebutuhan yang disepakati,” ungkap Marumi

Marumi menambahkan. ” Kedua belah pihak juga telah memahami peraturan dan undang-undang tentang Anti Korupsi dan Gratifikasi. Serta berkomitmen tidak akan melakukan apapun yang melanggar peraturan perundang-undangan tentang Korupsi dan Gratifikasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan perjanjuan kerjasama ini,”.

Adapun tugas dan tanggung jawab kedua belah pihak sebagai berikut :

Pihak ke satu adalah Bapas Kelas II Sintang mempunyai tugas dan tanggung jawab, a. Menyediakan klien (SDM) Pemasyarakatan yang bertanggung jawab. b. Membuat laporan perkembangan klien dan c. Menyediakan informasi pribadi yang diperlukan untuk kepentingan kedua belah pihak.

Selanjutnya RBM Kota Juang sebagai pihak kedua mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti, a. Menyediakan tenaga ahli dalam bidang adiksi, b. Memberikan program kepribadian dan Rehabilitasi bagi klien pemasyarakatan, dan poin c. Menyampaikan laporan perkembangan klien terhadap Balai Pemasyarakatan.

Penulis/publis : Bagus Afrizal