Pengurus DPD Apkasindo Kabupaten Melawi Periode : 2019-2024, Resmi Dilantik Oleh Ketua DPW Kalbar

Penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua DPW Apkasindo Kalimantan Barat Bpk. Indra Rustandi, S.M kepada Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi Bpk. Sopian Hadi, S.Sos.,M.Si di Aula Kantor Bupati Melawi

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apkasindo Kabupaten Melawi periode 2019 – 2024 resmi dilantik, acara pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Melawi. Selasa (18/2/20).

Dalam pelantikan yang turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Organisasi DPP Apkasindo Amin Nugroho, Ketua DPW Indra Rustandi, S.M, Bupati Melawi diwakilkan Kadis Pangan dan Perkebunan DR. Daniel, S.P, Polres Melawi, Danramil beserta tamu undangan lainnya.

Prosesi pelantikan diawali  pembacaan Naskah Pelantikan oleh Ketua DPW Apkasindo Kalimantan Barat serta Penyerahan bendera Pataka kepada Ketua DPD, kemudian diawali laporan Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan M. Ridwan saidy, S.Sos, dilanjutkan Sambutan Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi, Sambutan Ketua DPW, Sambuatan Pengurus DPP dan sambutan Bupati Melawi diwakili Kadis Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi.

Sopian Hadi Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Melawi menyampaikan dalam pidato sambutannya, bahwa kepengursannya sudah yang ke tiga periode dengan sekarang ini, dalam program kerja kedepannya dia berjanji akan meningkatkan hubungan antara petani dengan pemerintah.

“ Program kerja kami kedepannya akan meningkatkan kesejahteraan petani, bagaimana hubungan petani dengan lembaga dan petani dengan pemerintah, selama sepuluh tahun menjadi ketua Asosiasi, pemerintah sangat mendukung penuh kegiatan-kegiatan dalam perkelapa sawitan, ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kami para petani kelapa sawit, untuk mengatur tataniaga kelapa sawit, kalau tataniaganya itu tidak diatur, tidak dibuat sedemikian baik saya yakin semuanya akan amburadul, petani tinggal petani, harga tinggal diatur oleh para tengkulak, oleh karena itu kami sangat mengharapkan pemerintah jangan bosan bagaimana membina para petani, sebagaimana pemerintah memberikan ijin kepada para pengusaha untuk membuka lahan areal menjadi perkebunan kelapa sawit, ini menjadi tugas kami Asosiasi untuk menjembatani bagaimana hubungan pemerintah dengan pengusaha, hubungan pemerintah dengan petani dan bagaimana hubungan petani dengan perusahaan, agar semuanya bisa untung, “ Ucap Sopian.

Ketua DPW Apkasindo Kalimantan Barat menyampaikan, “ Kami berharap teman-teman pengurus DPD Apkasindo Kabupaten Melawi yang dilantik hari ini aktif, bisa berkolaborasi dengan Dinas Pangan dan Perkebunan Melawi, untuk saling menjaga nama baik kelapa sawit, karena ada beberapa progres kedepan yang perlu kita luruskan, baik itu organisasi maupun perkembangan sawit, kelapa sawit kita masih masih tetap di black Kampain sama eropa,  padahal mutu kelapa sawit kita sangat-sangatlah baik, jadi kita berharap sosialisakan masalah sawit ini dengan baik, “ Harap Indra.

Selain ucapan selamat dari Amin Nugroho Wakil Ketua Bidang Organisasi DPP Apkasindo, “ DPP juga berharap Program-program yang sudah diagendakan dan juga masalah pendataan petani serta KTA nya supaya segera dilaksanakan, juga tingkatkan kerjasama dengan Pemda melalui dinas terkait dan juga DPRD sebagai salah satu pendukung, kami yakin kita adalah Asosiasi Apkasindo yang legal, pesan dari ketua kegiatan yang sudah terencana agar terus dilajankan, “ Terangnya.

Terkait bagaimana menyikapi adanya dualisme kepengurusan di tingkat Pusat sampai ke daerah menurut Amin Nugroho “ Kita menyikapinya biarkan mereka, dalam waktu dekat dari pusat akan mengadakan somasi, memastikan bahwa inilah Apkasindo yang benar, kita tetap berjalan terus, jangan saling menggangu, “ tegasnya.

Semetara itu DR. Daniel, S.P Kadis Pangan dan Perkebunan Kabupaten Melawi membacakan pidato sambutan Panji, S.Sos Bupati Melawi, menyampaikan “ Pemerintah sangat mendukung dan menyambut baik adanya kepengurusan DPD Apkasindo Kabupaten Melawi periode 2019-2024. Kepengurusan DPD Apkasindo semoga dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pembangunan di kabupaten Melawi ini, dengan harapan bisa membantu pemerintah dalam upaya perekonomian, namun dalam beberapa tahun ini menjadi masalah masyarakat melawi bahkan nasional tentang Karhutla, sehingga kedepan keseriusan bersama-sama, saya juga meminta Apkasindo untuk berkomitmen dalam mengurangi beban kebakaran hutan dan lahan, “ disampaikannya.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal