Apkasindo Sebagai Mediator Antara Petani Dengan Perusahaan

Rameranews.com, Pontianak – Untuk di Kabupaten Ketapang harga sawit jauh lebih murah dari pada yang di tentukan oleh pemerintah.

” Memang kita sudah dengar bahwa harga sawit sudah mulai membaik.
Nah jika harga sawit ini terus merlonjak naik tentu hal ini merupakan harapan masyarakat atau para petani.”kata Lusminto Dewa Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Ketapang ketika menghadiri Pelantikan DPW Apkasindo Kalbar di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Kamis (16/1/20).

Dikatakannya, Apkasindo harus menjadi mediator atau sebagai jembatan antara petani plasma dengan perusahaan.

” Memang kita akui bahwa ada beberapa kebun sawit petani di temukan belum memiliki sertifikat,”tuturnya

Lusminto Dewa menjelaskan, sebagai Ketua DPD Apkasindo di Ketapang untuk langkah pertama yang akan kita lakukan adalah persiapan pelantikan. Kemudian setelah itu kita akan focus kepada pelaksanaan pendataan para petani-petani mandiri yang ada di Kecamatan masing-masing. Dari 19 pabrik CPO yang ada di beberapa kecamatan –kecamatan di Ketapang. Kita akan berupaya terus agar bagaimana pabrik CPO Mandiri ini bisa bekerjasama dengan petani. Karena kita sekarang sudah melakukan pendataan bagi petani-petani local,”katanya.

Menurutnya, Apkasindo harus bisa mendorong serta membantu petani. ” Nah dengan adanya Apkasindo, ini merupakan suatu penemuan yang sangat luar biasa bagi masyarakat.Tentu akan menambah pendapatan masyarakat itu sendiri.”tukasnya.

Ditempat yang sama Bendahara DPD Apkasindo Ketapang Muhammad Saufi mengatakan, dengan adanya Apkasindo di Ketapang ini mudah-mudahan bisa menjembatani prihal akan kebutuhan para petani.

“Terus terang selama ini kendala petani yaitu masalah biaya dan juga harga. Jadi dengan adanya Apkasindo di Kabupaten Ketapang tentu bisa mewadahi, ya paling tidak bisa menyampaikan kepada pemerintah terkait tentang peremajaan sawit. Kita lihat harga sawit di tempat-tempat lain jauh lebih baik dari pada di Ketapang. Kami berharap dengan adanya Apkasindo bisa menjembatani untuk membantu petani sawit. Memang kendala yang ada selama ini yaitu mengenai masalah harga sehingga menjadi kecemburuan antara perusahaan A dengan Perusahaan B,”tuturnya.

“Kami sebagai pengurus DPD Apkasindo Ketapang terus melakukan yang terbaik buat patani. Kami sudah lakukan diskusi dengan pihak pemerintah dalam hal ini kepala dinas dan Bupati,”pungkasnya mengakhiri.

Penulis : Mansur

Publis : Bagus Afrizal