Tugas Pertama Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Penghijauan

Rameranews.com, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH.,M.Hum sudah menyampaikan berkenaan Internal yaitu bernaan dengan kanttor dan SDM. Dari SDM itu terutama focus pada KPH.Kan ada 17 KPH yang belum di lantik oleh Gubernur. Fokus Gubernur adalah mengenai apa itu tugas KPH, ”Demikian di katakan oleh Ady Yani usai di lantik di Balai Petitih sebagai Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar ,Senin 6-1-2020.

Dikatakannya, ” Kami sudah melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman reboisasi bersama dengan dinas serta Instansi terkait. Kemudian kepada Bupati kami sudah bikin surat edaran. Namun sekarang ada tugas baru dari Gubernur yaitu tugas untuk menanam pohon yang mana setiap tahunnya di Kalbar ini terjadi kebakaran maka di lakukan penanaman atau reboisasi.”tuturnya.

Ady Yani menjelaskan, bahwa tugas untuk penghijauan dengan penanaman pohon ini bukan hanya tugas pemerintah daerah dan ASM akan tetapi ini semua merupakan tugasnya seluruh lapisan masyarakat. Disitu ada pemuda, mahasiswa, kalangan pemuka agama dan seluruh lapisan masyarakat.

Gubernur mengharapkan ada penanaman atau reboisasi di hijaukan kembali Kalbar ini. Penghijauan ini tidak hanya di area-area ex terbakar tapi di area-area di ibukota kecamatan dan Kabupaten di kecapatan dan desa.

Selain itu juga Gubernur meminta semua tanaman yang sudah di tanam harus di data kalau perlu di masukan ke dalam aplikasi”katanya.

Lanjut Ady Yani mengatakan, Gubernur berpesan lakukan penanaman/reboisasi. Pesan ini tahap awal akan kami lakukan penghijauan pada setiap tahunnya.Dan yang saya tahu selama ini di lingkungan hidup Provinsi Kalbar untuk penghijauan ini kami sudah membuat perda nomor 6 tahun 2018 tentang penghijauan.

” Perda itu ada Diktum yang menyebutkan bahwa satu area perkebunan harus menyisikan arealnya7% untuk penghijauan untuk di konserpasi.Nah inilah tugas kita pertama untuk melakukan penghijauan yang di arahkan oleh Gubernur, ” ungkapnya mengakhiri

Penulis : Mansur

Publis : Bagus Afrizal