Press Release Keberhasilan Kinerja Polres Melawi Pada Tahun 2019

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Guna mengukur keberhasilan kinerja yang telah dilaksanakan selama setahun, pada Selasa (31/12/19) siang ini jajaran Polres Melawi menggelar kegiatan Press Release Kinerja Akhir Tahun 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Tribrata itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H.,S.IK.,M.H, didampingi Kasat Reskrim AKP Primasetya Dryan Maestro, Kasat Lantas AKP Aang Permana S.IP., M.AP, Kasat Narkoba Iptu Aris Setiawan. turut hadir sejumlah insan pers.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres pun memaparkan secara langsung sejumlah hasil analisa dan evaluasi kondisi kamtibmas yang terjadi selama tahun 2019 dengan perbandingan kondisi kamtibmas di tahun 2018.

“Selama kurun waktu setahun, pada 2019 kami telah menerima Laporan Polisi sebanyak 97 kasus, mengalami penurunan dari 143 kasus pada tahun 2018, ” terang Kapolres.

Lanjutnya, adapun penyelesaian perkara telah mencapai hingga 91 kasus dengan tingkat penyelesaian sebesar 93,81%.

Adapun sejumlah jenis kejahatan yang dipaparkan oleh Kapolres, diantaranya :

a. Konvensional mencapai 65 kasus yang dilaporkan, 57 kasus selesai, dimana jumlah tersebut mengalami penurunan dari 97 kasus di tahun 2018.

b. Trans Nasional yakni pada tahun 2018 tercatat 21 kasus, terselesaikan semua, pada tahun 2019 sebanyak 17 kasus dilaporkan dan telah diselesaikan sebanyak 14 kasus.

c. Kejahatan terhadap Kekayaan Negara selama tahun 2019 telah ditangani sebanyak 20 kasus terselesaikan.

“Release ini merupakan wujud keterbukaan informasi kami kepada publik atas kinerja yang telah dilaksanakan Polres Melawi selama setahun, dan juga sekaligus sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kinerja selanjutnya,” tutup Tris.

Sepanjang tahu 2019 Polres Melawi raih 4 penghargaan yang terdiri dari 3 penghargaan dari Polda Kalbar dan 1 penghargaan dari Kementerian Keuangan.

Penghargaan dari Polda Kalbar yaitu :
1. Sebagai Polres dengan pencapaian Reformasi Birokrasi Polri Gel III.
2. Sebagai Polres terbaik ke-2 dalam evaluasi implementasi Sistem Akuntabilasi Kinerja Instansi Pemerintahan.
3. Penilaian terbaik lomba Polsek sebagai Basis Diteksi tipe Polsek Rural tahun 2019.

Dan penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Satker terbaik ke-10 atas kinerja Pelaksana Anggaran Semester 1 tahun 2019.

Penulis/publis : Bagus Afrizal