Jelang Pilkada 2020 KPU Melawi Gelar Sosialisasi Tahapan Program dan Jadwal Pilkada

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Melawi menggelar acara sosialisasi tahapan program dan jadwal Pilkada 2020, di Aula Hotel Cantika Nanga Pinoh Jum’at (13/12/2019).

Sosialisasi ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk unsur TNI Polri, Partai Politik, Mahasiswa, media massa dan Ormas.

Dalam sosialisasi ini, KPU Kabupaten Melawi, memaparkan materi melalui
Divisi Tekhnis penyelenggaraan
Irvan Afandi menyelaskan pokok materi program tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Melawi tahun 2020.

Ketua KPU Melawi Dedi Suparjo menjelaskan, untuk Bakal Calon Perseorangan ada catatan penting untuk dapat diperhatikan pada saat meminta dukungan kepada masyarakat. Melalui proses penelitian administrasi semua pernyataan dukungan yang di input pada Silon.

” Karena pada Form B1 KWK ada penambahan item pekerjaan bagi pendukung balon perseorangan, yang tidak boleh memberikan dukungan seperti, TNI Polri, PNS, Penyelenggara Pemilu atau KPU, Bawaslu dan jajaran termasuk Kepala Desa beserta perangkat desa,” Terang Dedi.

Terkait penunjukan operator pada aplikasi Silon, Dedi Suparjo menghimbau kepada para bakal calon perseorangan maupun balon yang diusung partai politik, untuk menunjuk operator yang siap stanbay dan selalu aktif.

” Bagi bakal pasangan calon perseorangan maupun pasangan bakal calon yang diusung oleh Partai Poltik dalam menunjuk sebagai Operator aplikas pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) harus bedasarkan surat mandat dari Paslon, diharapkan operator aplikasi Silon yang ditunjuk harus lah benar-benar orang yang punya kedekatan khusus kepada pasangan Bakal Calon, karena kalau tidak orang yang punya loyalitas tinggi kepada Bakal Pasangan Calon, bisa saja nantinya akan sana-sini sehingga menghambat kinerja Paslon,” Terang Dedi.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal