Peranan Media Sangat Penting Dalam Penyelenggaraan Pemilu

MELAWI, RAMERANEWS.COM – Perkumpulan Jurnalis Indonesia-Demokrasi (PJI-D) Melawi melakukan audiensi di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Melawi Rabu (06/11/2019). Dan diterima langsung oleh Ketua dan tiga komisioner KPUD Melawi

Dalam audensi tersebut, sekretaris PJI-D Melawi, Bagus Afrizal memperkenalkan jajarannya serta menyampaikan keberadaan PJI-D di kabupaten Melawi sebagai wadah para jurnalis dari berbagai media, baik media elektronik, cetak dan media online.

Dia juga menjelaskan PJI-D adalah bagian dari masyarakat pers yang memang harus tetap kritis mengawasi dan mengembangkan pendidikan politik di masyarakat.

“Keberadaan PJI-D merupakan bagian dari masyarakat Pers yang tetap kritis mengawasi jalannya pesta demokrasi serta jauh lebih penting, PJI-D dalam perannya adalah mengedukasi politik ditengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara Arion O Manalu Ketua PJI-D Melawi, menambahkan, dalam penyelenggaraan tahapan pemilu hingga pemilihan umum itu selesai maka pers dituntut untuk terlibat memberikan informasi kepada publik agar amanah yang akan diberikan oleh publik benar-benar tepat,'” ujarnya.

Bahkan, dirinya kembali menjelaskan,
” Sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak azasi warga Negara maka kemerdekaan ini harus disertai pula dengan kesadaran akan pentingnya supremasi hukum yang dijunjung tinggi semua pihak, tanggung jawab profesi yang dijabarkan dalam Kode Etik Jurnalistik serta sesuai dengan hati nurani insan pers,” jelasnya.

Dilain pihak, Ketua KPUD Melawi, Dedi Suparjo menyambut baik kehadiran PJI-D Melawi.

” Pers merupakan mitra strategis lembaga KPU sebagai penyelenggara dalam menyukseskan Pemilukada Melawi 2020, ” ungkap Dedi

Media memberikan peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemilukada Melawi serentak 2020 mendatang.

“ Ditambah lagi kita penyelenggara pemilu memiliki anggaran yang terbatas untuk pelaksanaan sosialisasi, karenanya kita memerlukan dukungan dari seluruh pihak terutama media,” ucapnya.

Publis : Bagus Afrizal