STKIP Melawi Laksanakan Workshop dan Seminar Nasional

RAMERANEWS.COM – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi Kampus Wilayah Perbatasan Entikong melaksanakan Seminar Nasional dengan Tema: ASEAN DAN LINGKUNGAN EKONOMI. Rabu (30/10/19).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama dalam bentuk MoU STKIP Melawi dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Adapun seminar ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu: Narasumber Internal STKIP Melawi yang dibawakan oleh Dr. Rifat, M.Pd dan Septian Peterianus, SS, M.Hum.

Dalam paparannya, Septian selaku pembicara sekaligus merupakan ketua STKIP Melawi, memaparkan isi makalah dengan judul Dinamika Tradisi dan Budaya dalam Pendidikan.

Secara garis besar Septian menyampaikan bagaimana peran Perguruan Tinggi dalam menyiapkan Sumber Daya manusia yang nantinya harus mampu bersaing menyambut era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

” Ini era dimana masyarakat kita akan berkompetisi tidak lagi dengan sesama lulusan Indonesia tetapi juga lulusan negara-negara Asean lainnya, ” papar Septian.

Narasumber berikutnya adalah Drs. Ignatius Agung Satyawan, SE,S.Ikom, MSi, Ph.D dan Bintang Indra Wibisono, S.Hub.Int.,MA, yang menjelaskan terkait Human Security di wilayah Perbatasan Malaysia-Indonesia.

Narasumber berikutnya adalah Camat Entikong yang diwakili oleh Suparman, S.Pd, M.Si, yang berbicara tentang persiapan Indonesia menuju MEA.

Pembicara terakhir adalah Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja dan Industri Entikong Kabupaten Sanggau, Markus Dalon, SE, M.Si, yang dalam pemaparannya menjelaskan bahwa BLKI Entikong, akan terus berupaya untuk memberikan pelatihan kerja bagi masyarakat perbatasan agar memiliki kompetensi yang profesional sehingga mampu bersaing menghadapi MEA.

Septian selaku Ketua STKIP Melawi dan Entikong ditemui setelah kegiatan selesai menyampaikan bebera hal:

” Pertama, saya mengapresiasi kerja seluruh panitia baik itu unsur Dosen, Staf dan Mahasiswa yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik. Kedua, kegiatan semacam ini merupakan upaya nyata kampus STKIP Melawi dalam meningkatkan akreditasi. Ketiga, semoga apa yang telah kita diskusikan dalam seminar nasional ini dapat memberikan rekomendasi pada pihak-pihak terkait, terutama pemerintah Pusat dan Daerah dalam menentukan kebijakan strategis arah pembangunan Wilayah Perbatasan di Indonesia,” ungkapnya.

Sumber : Septian Peterianus, SS, M.Hum
Editor/publis : Bagus Afrizal.