Bulog Kalbar Siap Menyaluran BPNT

PONTIANAK-rameranews.com, Untuk Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kalimantan sedang berjalan, di mulai dengan tahun lalu di Kota Pontianak dan Kota Singkawang, sementara untuk 12 Kabupaten di Kalbar akan di mulai Bulan September  ini, hal ini di karenakan program Rastra berakhir Bulan Agustus 2019, maka BPNT berjalan di pertengahan tahun ini

“untuk program BPNT, Bulog Kalbar siap untuk logistik baik beras atau telur, sebagaimana Petunjuk dari Kemensos Bulog ditunjuk untuk suplyer Pangan ini baik beras atau telur.”kata Pimpinan Wilayah Bulog Kalbar H. Gugun Subroto kepada sejulah media di Kantornya usai memberikan sosialisasi BPNT Kabupaten Kubu Raya di Dangau Hotel Sungai Raya kubu Raya,belum lama ini.

Di terangkan bahwa secara progran BPNT adalah program Kementerian Sosial, dimana pengadaan pangan dilaksanakan oleh suplayer umum, di sini tidak menyebut Bulog.

“akan tetapi di mana negara harus hadir untuk kepentingan rakyat, sementara Bulog juga harus membeli beras petani, maka Bulog di siapkan untuk menjadi suplayer ini, di samping itu karena Bulog sudah berpengalaman dalam menyediakan Raskin atau Rastra.”tutur Gugun.

Pada Program BPNT ini beda dengan Program Raskin atau Rastra, ada 3 hal yang berubah yaitu, pertama Pangan disiapkan bukan hanya beras tapi juga telur, kedua Pola bayar dengan non tunai atau pakai kartu KPS, yang ketiga adalah titik distribusi, kalau dulu ke Kantor lurah atau Kecamatan atau Kantor Desa, sekarang ke e-warung atau ke Agen dari Bank.

Kemudian juga di sampaikan bahwa ada kemungkinan setiap daerah ada perbedaan kuantitas pangan yang di terima KPM (keluarga Penerima Manfaat) BPNT, dimana di ketahui setiap bulan akan KPM melalui Bank menerima dana Rp. 110.000/bulan yang di masukkan dalam rekening yang mempunyai Kartu KPS, maka untuk itu ada kesepakatan masing-masing daerah, ada yang hanya menerima beras saja dan ada yang menerima beras dan telur. “untuk di Kubu Raya di sepakati KPM mendapatkan 8 Kilo Gram beras dan Telur.”ujar Gugun.

Untuk di Kubu Raya sebagaimana informasi dari Dinsos Kubu Raya ada Kurang lebih 22.000 Keluarga Penerima Manfaat (RTS) akan di Launching hari senin nati.

Infromasi juga dari pihak BNI yang disampaikan oleh Analis Bisnis Program CSR, Audin Astri Casteria menyebutkan  ada 45 Agen tersebar di Kubu Raya, namun apakah agen menyalurkan program BPNT itu tergantung kesiapan dari agennya.”pungkasnya mengakhiri .

Penulis  : Mansur

Editor.    : Bagus Afrizal