Pelantikan 65 Anggota DPRD Kalbar Di Warnai Demo

PONTIANAK-rameranews.com, Sidang Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Barat dengan agenda pengambilan sumpah janji Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Periode 2019-2024 di Balairung Sari Gedung DPRD Kalbar, saat pelantikan tersebut diwarnai dengan aksi unjuk rasa ribuan Mahasiswa Kalimantan Barta yang berasal dari beberapa Universitas yang ada di Pontianak, meskipun aksi demo mahasiswa tidak terhambatnya pelaksaanaan prosesi pengmbilan sumpah janji DPRD Kalbar, Senin (30/9)

Sementara itu, M, Kebing ketua DPRD Periode 2014-2019 yang memimpin rapat paripurna menjelaskan bahwa anggota DPRD Kalbar yang diambil sumpah janji adalah anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 hasil pemilu 2019, “25 Orang anggota DPRD Kalbar periode 2014-2019 kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Kalbar peiode 2019-2024 dan 2 orang menjadi anggota DPR RI, sementara 40 orang anggota DPRD Kalbar merupakan wajah baru.”ujarnya.

Pengambilan Sumpah janji anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 di pimpin langsung Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Kalimantan Barat.

SK pelantikan DPRD Kalbar periode 2019-2024 tertuang dalam SK Menteri dalam negeri Nomer 161.61-3864 tahun 2019. Dimana anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 adalah Paolus AM, Miske Angraini, Bambang Ganefo Putra, Sebastinus Darwis, Elias, Darso, Angeline Fremalco, Minsen, Tapanus, Ramli Rama, Martinus Sudarno, Musa, Yohanes R, M. Kebing L, Thomas Aleksander (PDIP 15 anggota DPRD), Zulkarnaen Siregar, Arif Rinaldi, Eri Eriansyah, Edy R. Yacoub, Prabasa A, Fransiskus A, H. Usmandi, Hj, Suma Jeni, (Partai Golkar 8 Anggota DPRD), Michael Yan Sriwidodo, Sy. Amin, Suriandono, H. Subhan Nur, Sumardi, F, Suondo, E. Ibrahim, yo Susanti, (Nasdem 8 Anggota DPRD), Ermin Eviliani, Afandi, Neneng, M, Isa, Harun, Simon petrus, Masdar, (P. Demokrat 7 anggota DPRD), H. Ishak Ali almutahar, Yuliana, Aleksander, Suriansyah, Cok Hendry R, Herculanus, Heronimus  (P. Gerindra ada 7 Anggota DPRD), Ardiansyah, Toni Kurniadi, Muhammad, Ritaudin, yuliani (PAN 5 Anggota DPRD), Robi Nazarudin, Irsan, Hj, Djuliarti, M, Wahab, M Tohir (PKB 5 Anggota DPRD), Arif Joni, Fatahillah Abrar, Sabirin (PKS 3 Anggota DPRD), H. Mad Nawir, Budi, H, Miftah (PPP ada 3 anggota DPRD), Sueb, Suyanto Tanjun (Hanura ada 2 Anggota DPRD), Martin Luter (PKPI), Yulianus (PSI).

Usai pengambilan sumpah janji DPRD Kalbar, ditunjuk pimpinan Sementara yaitu Minsen, SH (PDIP) dan waki Ketua Edy R. Yacoub.

Saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Gubernur Kalimantan Barat Sutarmiji menyampaikan, bahwa DPRD Kalbar merupakan unsur Pemerintahan, Hubungan harmonis antara pemda dan DPRD harus tetap terjalin sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, maka untuk itu di perlukan anggota DPRD memahami akan tugas dan fungsinya.

Lebihlanjut gubernur Kalbar, Sutarmiji Tentang konsep desa mandiri yang merupakan perwujudan dari nawa cita yaitu membangun dari pinggiran. Sesuai dengan SK Menteri Desa di Kalbar pada tahun ini ada 87 Desa Mandiri di Kalbar, 188 Desa Maju, sementara untuk Kabupaten ada 3 Kabupaten yang bebas dari Desa sangat tertinggal yaitu Kabupaten Mempawah, Kayong Utara dan Sanggau.

Untuk itu menurut Gubernur, sejatinya DPRD juga mendukung konsep desa mandiri dan menjabarkan dalam pembahasan APBD.

Rapat paripurna tersebut di hadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Wakil Gubernur Kalbar, Forkorpimda Kalbar, Bupati/Walikota, pejabat OPD di Lingkungan Provinsi Kalbar, anggota DPRD Kalbar beserta keluarga, Ormas, OKP dan undangan lainnya.

Diselah acara proses pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kalbar selesai, ketua DPRD Kalbar sementara Minsen, SH menjelaskan kepada sejumlah media, bahwa esok kita akan perkenalan di sini, kemudian kita bekerja sesuai tugas dan fungsi, “Untuk siapa Ketua yang di tunjuk Partai untuk menjadi Ketua DPRD Definitif hingga kini saya belum tahu, tapi biasanya 2 atau 3 bulan baru ada Ketua Definitif.”kata Minsen.

Usai pengambilan sumpah janji, DPRD Menerima Mahasiswa yang berujukrasa di halaman DPRD Kalbar, Pimpinan sementara DPRD, Minsen, SH, Edy R. Yacoub serta beberapa anggota DPRD Kalbar H. Subhan Nur dan lainnya menerima dan mendengarkan tuntutan mahasiswa.

Penulis : Mansur

Editor    : Bagus Afrizal