TANTANGAN DAN HARAPAN PEMUDA PERBATASAN ARUK .

NASIONAL-rameranews.com, Pos Lintas Batas Negara (PLBN ) Aruk Sajingan Besar Kabupaten Sambas, adalah salah satu dari 5 PLBN yg terbuka di Kalimantan Barat sebagai pintu Masuk dan Keluar dari Batas Negara Indonesia dan Malaysia. Ini adalah secercah tantangan dan harapan sebagai konsekwensi logis Negara bahwa membuka pelintasan Negara dimana semua lini dan sektor mau tidak mau, suka tidak suka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin demi nama baik sebuah Negara.

Sejumlah pengurus Pamuda Sajingan

Selain kesiapan infrastruktur dan kelengkapan lainnya yg menjadi tanggung jawab pemerintah warga masyarakat sekitar dan sepanjang Perbatasan turut bertanggung jawab penuh bagaimana menyikapi dan berperan dalam Pembangunan di Perbatasan setempat. Oleh karenanya belum lama ini Pemuda perbatasan yg merupakan bagian dari kelompok masyarakat menggelar Seminar dan
Musyawarah Besar untuk Pembentukan Persatuan Pemuda Perbatasan Aruk kecamatan Sajingan Besar Tahun 2019.

Seminar sehari tersebut menghadirkan sejumlah Narasumber dari berbagai Disiplin Ilmu dan Pengalaman. Sederet Narasumber yg ditampilkan yaitu, Bertul Tallo, SE., MM (Konsultan dan Penyelenggara Pemilu) dengan materi , Strategi Pemuda dan Masyarakat Sajingan Besar Membangun Dunia Wirausaha.
Purwoto, SE (Kepala UPT PLBN Aruk) dengan Materi, Peluang Pemuda Sajingan Besar di PLBN Aruk.
ABELNUS, S.Sos., M.Sos (Dosen dan Ketua Border Forum West Borneo) dengan Materi Peranan Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat Sajingan Besar Pasca dibukanya PLBN Aruk. Kemudian Camat Kecamatan Sajingan Besar Materi Strategi Pemerintahan Kecamatan dalam merangkul Pemuda Sajingan Besar.

Tampil pula sebagai Narasumber Kapolsek Sajingan besar dengan
Materi, Peran Kepolisian dalam menciptkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Perbatasan Sajingan Besar. Alinton Contradus Antonius Ondeng, SH., MH (Advokat dan Dosen) dengan materi Pentingnya Pengetahuan Penerapan Hukum Pada Masyarakat di Sajingan Besar.

Seminar digelar dengan sistem Panel. Acuan pokok issue Materi tetap disesuaikan dengan Tema Seminar dan Mubes Pemilihan dan Pembentukan Persatuan Pemuda Sajingan Besar. Ketua Panitia Pelaksana Seminar dan Musyawarah Besar Pemilihan dan Pembentukan Persatuan Pemuda Sajingan Besar.
Bertus Anggo menegaskan Seminar ini merupakan awal dari bagaimana Pemuda di PLBN Aruk ini mampu berperan membangun dan menjaga Perbatasan sebagai wilayah NKRI bergandengan dengan Pemerintah . Sementara Salah Seorang Pemateri Seminar Purwoko,SE selaku kepala UPT PLBN Aruk kepada Rameranews mengatakan kami sebagai wakil Pemerintah Pusat yg ditugaskan di Perbatasan selain Bertugas menyelenggarakan sukses Pelaksanaan Pelayanan juga berkewajiban melakukan Pembinaan terhadap masyarakat. Salah satunya adalah membina Pemuda yang merupakan bagian masyarakat untuk berperan di perbatasan.

Para Pemuda yang perjalanan nya masih panjang ungkap Purwoto harus kreatif dan peduli. Kedepan diharapkan para Pemuda Bangsa khususnya di wilayah PLBN Aruk benar-benar bisa berperan disegala bidang Tantangan dan Peluang.

Purwoto mencontohkan pihaknya dalam memenuhi kebutuhan Tenaga Kerja di Border menyertakan pemuda setempat direkrut menangani Perbatasan baik sebagai Pekerja maupun pelaku-pelaku peluang lainnya.

Dalam jangka panjang Pemuda Perbatasan mampu berkompetisi sesuai keahlian dan keterampilan masing-masing . Pemuda setempat harus mau dan bisa bersaing menghadapi arus globalisasi baik yang datang dari luar maupun dari dalam Negeri sendiri, sekaligus menjaga wilayah perbatasan NKRI tidak jadi penonton pungkasnya. Menjelaskan tentang PLBN Aruk sejak dibuka resmi sampai sekarang sudah mampu berperan memberikan pelayanan yg baik kepada pelintas Batas baik yg datang maupun yg keluar. Peran yg terlihat jelas perkembangannya saat ini.

Menurut Purwoto , dalam rangka Menunjang Kemajuan Destinasi Pariwisata. PLBN Aruk saat ini data kunjungannya sudah mampu melebihi data yg berlangsung di PLBN Entikong kata Purwoto. Diharapkan pemerintah pusat akan segera meningkatkan status PLBN Aruk, menjadi Pelintasan Negara yg lengkap sama dengan Entikong. PLBN Aruk Sajingan Besar Kabupaten Sambas Kalimantan Barat saat ini baru dibuka untuk Lalulintas Umum . Pelintasan Kendaraan Pribadi dan orang .

Penulis : Apolonius Welly

Editor.   : Bagus Afrizal