Kanwil Kemenag Prov Kalbar Informasikan Bagaimana Pengelolaan Masjid

RameraNews. Com,Pontianak – Para pengurus Masjid se-Kalimantan Barat diberikan informasi Untuk bagaimana cara pengelolaan Masjid.

 

” Baik itu cara pengelolaan administrasi keuangan,perkantorannya,juga bangunannya,kemudian bagaimana untuk meramaikan dan memakmurkan Masjid tersebut.” kata Supardi Kasi Kemasjidtan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar di Grand Mahkota Hotel Pontianak belum lama ini.

 

Di katakannya ,peserta yang ikut dalam pertemuan terdiri dari perwakilan dari masing-masing Masjid sebanyak 58 peserta.

 

” Ini kita undang baru hanya beberapa perwakilan dari Masjid di kabupaten/kota,mengingat keterbatasan anggaran.Insyak Allah ini akan terus di lakukan secara bertahab.”jelasnya

 

Lanjut Supardi,pertemuan yang di adakan hanya sekedar informasi-informasi buat mereka para pengurus Masjid Agung untuk di tingkat Kabupaten.Dan Masjid agung tersebut nantinya akan menyampaikan informasi ini kepada wilayah mereka masing-masing.Kan menurut informasi bahwa Masjid-Masjid di Kalbar ini masih banyak belum terdata secara Simtim Informasi Masjid (Simas).

 

“Jadi Masjid di Kalbar ini belum 100 % terdata semua.Sehingga Simas tersebut tidak bisa di akses secara online.Dengan melalui simas ini adalah tujuannya supaya Masjid-Masjd di Kalbar itu terdaftar secara online.Sehingga dengan demikian akan bisa di akses.”katanya

 

Supardi berharap, dengan pertemuan ini hendaknya para peserta yang menjadi utusan dari Kabupaten / kota dengan keterbatasan anggaran diberharapkan kepada peserta bisa menyampaikan informasi ini ke daerahnya ke Masjid binaannya masing-masing .

 

” Seperti Masjid Agung itu membina Masjid untuk di tingkat Kabupaten / Kota.Dan untuk di tingkat kecamatan itu namanya Masjid besar.Lalu untuk di tingkat Kelurahan atau Desa namanya Masjid Jami.”ungkapnya mengakhiri (Sur)