Peduli Kesehatan Masyarakat, RBM Kota Juang Bersama RFF Bagikan 500 Masker

Melawi, Rameranews.com – RBM Kota Juang Bersama Rumah Famili Female Kabupaten Melawi membagikan 500 masker secara geratis kepada para pengendara yang melintasi Tugu Juang Nanga Pinoh untuk membantu mengatasi dampak partikel debu akibat dari kebakaran hutan dan lahan.

Tampak kabut asap yang muai menyelimuti Nanga Pinoh sejak seminggu ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari warga.

Sejumlah pengendara kendaraan-pun mengaku resah akan situasi tersebut. Bahkan akhir-akhir ini kabut telah membuat jarak pandang pengendara menjadi terganggu, serta sejumlah penyakit yang ditimbulkan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat ( RBM ) Kota Juang bersama Rumah Famili Female Kabupaten Melawi turun lansung membagikan masker kepada para pengguna kendaraan roda dua khusunya. Jum’at ( 9/8/19 ).

Suarli, S.Sos, Ketua Rumah Famili Female turun lansung memonitor kegiatan tersebut di kisaran Tugu Juang Nanga Pinoh. Suarli mengatakan dengan membagikan 500 masker kepada pengendara sebagi bentuk kepedulian kepada masyarakat.

“ Apa yang kami lakukan setidaknya untuk mengurangi serta mencegah masyarakat terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut ( ISPA ) akibat dari kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi pada musim kemarau seperti sekarang ini, “ Ujar Suarli.

Dikatakan juga, RBM Kota Juang berserta Rumah Famili Female ikut prihatin dengan kondisi udara di Nanga Pinoh yang sudah tercemar akibat seringnya terjadi kebakaran hutan dan lahan, sehingga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, maka bagi-bagi masker menjadi salah satu aksi nyata peduli kesehatan masyarakat Nanga Pinoh.

“ Kita sangat mengkhawatirkan kondisi udara di Nanga Pinoh dan sekitarnya yang sudah tercemar, kabut asap, begitu juga dengan kemungkinan penyakit yang bakal diakibatkannya. dalam beberapa hari kedepan akan membagi-bagikan masker gratis lagi  kepada warga dan pengendara di area lainnya, ”. Tambah Suarli.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal