Terobosan Baru RSUD Melawi Akhirnya Kini Miliki Alkes CT Scan

RameraNews. Com,  Melawi – Komitmen Pemerintah Kabupaten Melawi terus memberikan perhatian serius terhadap peningkatan pelayanan kesehatan kepada warga Melawi. Setelah pelayanan cuci darah kini rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Melawi melakukan terobosan baru dengan mengoptimalkan pemeriksaan pasien melalui Uji Computer Tomography (CT) Scan. 

 

Peralatan canggih tersebut akan sudah bisa dioperasikan setelah nantinya menunggu surat izin operasional dari Jakarta dalam tempo waktu dua minggu kedepan baru bisa melayani masyarakat. 

 

Dalam Uji Computer Tomography (CT) Scan ini RSUD melawi melibatkan Tim kejaksaan Negri Sintang TP4D untuk melakukan pengawasan berfungsi atau tidaknya CT scan.

 

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Sintang Sekaligus merangkap Kepala TP4D Sopian mengatakan pihaknya melakukan pengawasan atas permohonan pihak RSUD melawi untuk menyaksikan uji CT scan berfungsi atau tidak.

 

” Alhamdulillah, Saya juga menjadi salah satu pasien untuk menguji apakah berfungsi atau tidak. Ya artinya sudah berfungsi,  ” katanya. 

 

Sedangkan Kepala Bidang Uji Fungsi Alkes Computer Tomography (CT) Scan Mutaqin menjelaskan hasil Uji CT scan Berjalan dengan baik sampai keluar hasil prin kemudian hasil scan.

 

” Jadi masih ada beberapa proses setelah alat ini di uji fungsi akan ada uji kesesuaian setelah itu baru dilakukan ke bapeten. Kemudian surat izin keluar baru bisa dilakukan pada pasien sesungguhnya, ” jelasnya

Sementara itu, Direktur RSUD Melawi Dr. Sien Setiawan mengungkapkan,  Computer Tomography (CT) Scan menggunakan anggran Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan harga 6,3 Milyar.

 

” Ini baru uji fungsi CT scan maka kami melibatkan TP4D untuk membuktikan bahwa alat ini berfungsi dengan baik. Bahkan spesialis Radiologinya pun sudah ada, semuanya sudah lengkap  ” ungkap Sien. 

 

Lanjut Sien, Setelah Uji fungsi CT Scan ini selesai pihaknya melanjutkan dengan membuat surat izin operasional di Jakarta pada Bapeten dengan waktu dua minggu baru kemudian Izin operasional keluar bisa melayani masyarakat. 

 

Fungsi CT Scan sendiri kata Dr. Sien, bisa melihat mulai isi kepala, badan,  pembulu darah , pasien stroke, pasien tumor, kangker di dalam tubuh, mengetahui isi usus , mengetahui pendarahan di kepala dan masih banyak lagi. ” Dengan adanya CT scan membantu masyarakat Melawi misalnya ada kecelakaan lalu lintas kepalanya berdarah harus di rujuk ke pontianak.Nah,sekarangkan tidak perlu lagi rujuk ke Pontianak RSUD melawi sudah bisa,  ” katanya. 

 

Dikatakanya Pemda Melawi Khususnya RSUD Melawi berusaha menyiapkan semua segala infrastuktur yang di butuhkan oleh masyarakat. ” Pak Bupati Melawi menyediakan alat ini, menolong dan membantu masyarakat supaya yang sakit membutuhkan CT Scan tak perlu lagi rujuk jauh – jauh ke Pontianak,  ” katanya.