Jelang Idul Fitri Pasar Murah di Kenual Diserbu Warga

RameraNews. Com,  Melawi – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Melawi menggelar pasar murah, Kamis (9/5/2019). Digelar di depan Kantor Desa Kenual Kecamatan Nanga Pinoh.

 

Kegiatan itu dimaksudkan untuk membantu masyarakat menjangkau harga pangan yang lebih murah pada saat di bulan ramadhan dan menjelang idul fitri 1440 hijiriyah tahun 2019.

 

” Ada beberapa bahan komoditi yang di jual murah menyambut idul fitri seperti beras yang disiapkan sebanyak 1,5 Ton, gula 2,0 ton,  minyak goreng 1.800 liter, tepung terigu 720 kg, tepung gula, 200 pcs, susu kental manis 1.008 kaleng, mentega, 1.200 sachet, sirup Abc 120 botol, sirup marjan 168 botol,  ” kata Budi Lestiono Senjaya Kabid Perdagangan Pembinaan Dalam Negri Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Provinsi Kal-Bar.

 

Harga beras sendiri di jual dengan harga Rp.40 ribu (Kemasan 5 kg), gula pasir Rp. 8 ribu per kg,  minyak goreng Rp. 10 ribu per liter, tepung terigu Rp. 6 ribu per kg, tepung gula Rp. 5 ribu per 500 gram,  susu kental manis, Rp. 7 ribu per kaleng, mentega Rp. 2 ribu per sachet, sirup abc Rp. 10 ribu per botol, sirup marjan Rp. 15 ribu per botol.

 

Dikataknya digelarnya pasar murah merupakan kepedulian Pemerintah Provinsi kalimantan barat terutama masyarakat pra sejaterah karna mengingat data dari masyarakat pra sejahtera cukup banyak sekitar ribuan KK Desa Kenual. ” Namun tahun ini kami Pemprov hanya bisa melaksankan 6 kali pasar murah, 3 untuk menyambut idul fitri dan 3 untuk natal dan tahun baru. Hari ini untuk idul fitri di Nanga Pinoh,  Sekadau selasa depan, kemdian hari sabtu di Pontianak, ” katanya.

 

Sedangkan salah seorang warga Desa Kenual Sugiarto mengungkapkan kegiatan pasar murah ini sangat menguntungkan bagi masyarakat kurang mampu dalam menyambut hari raya idul fitri.” Saya hanya mengeluarkan uang 300 ribu lengkap saya dapat seperti beras,  minyak goreng, susu, mentega, gula, sirup, itupun masih ada sisa uangnya ni Rp. 35 ribu, ” uangkapnya.

Dia berharap kedepan pasar murah seperti ini terus digelar sehingga dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan bahan pokok yang sangat mahal. ” Yang tidak ada hanya telor saja, Saya berharap kedepanya lebih lengkap lagi agar kebutuhan lainya bisa di sediakan. sehingga kami mendapatkan bahan pokok murah dengan harga terjangkau dan berkualitas baik seperti ini,  ” harapnya. (dk)