9 Remaja Ikuti Proses Seleksi Duta GenRe 2019, 2 Remaja Akan Wakili Melawi Tingkat Provinsi Kal-Bar

RameraNews.com, Melawi – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Melawi menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2019. Sebanyak 9 remaja mengikuti proses seleksi Duta Genre Melawi 2019. Proses pemilihan diawali dengan, test tertulis,  persentasi program kerja ,  Leaderless Group Discussion, simulasi sosialisasi dan wawancara yang  berlangsung Kamis – Jumat (25-26/04/19) bertempat di aula lantai dua (DPPKBP3A) Kabupaten Melawi.

 

Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2019 tersebut di buka oleh kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Melawi yang di wakili Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana Dan Keluarga Sejaterah (KBKS) Minarsi.

 

“ Sudah ke -3 kalinya audisi Duta Genre Melawi dilaksankan. Namun ada Beberapa hal penting bagi para peserta audisi. Seperti sama tahun lalu, namun untuk tahun ini hanya memilih sepasang perwakilan GenRe jalur pendidikan yang nantinya akan dikirim di tingkat provinsi kalbar pada akhir bulan juni 2019 mendatang, “ Kata Ketua Forum Genre Kalbar Setia, Mewakili Kepala Bkkbn Provinsi Kal-Bar.

Dikatakanya pada bulan juni 2019 mendatang semua audisi di setiap kabupaten mewakili masing-masing pada tingkat provinsi kal-bar kemudian bagi duta genre mewakili kalbar ditingkat nasional harus benera-benar duta GenRe yang memiliki pengalaman  dikegiatan genRe kalimantan barat. “ Kemudian tahun ini kita akan mengikuti jambore tingkat provinsi ajang kreativitas GenRe yang akan menjaring anggota PIK-R terbaik untuk mengikuti Jambore tingkat Nasional di makasar pada bulan Oktober 2019 mendatang, “ katanya

 

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) keluarga berencana dan keluarga sejatera (KBKS) DPPKBP3A Minarsi mengatakan, Kegiatan ini sudah dilakukan 3 tahun berturut-turut namun  di sayangkan baru 3 kecamatan yang mengikuti pemilihan duta generasi berencana (GenRe) 2019. Seharusnya kecamatan lainya mengirimkan perwakilan karna kegiatan ini banyak manfaatnya dimana diusia remaja sangat berperpengaruh pada perkembangan teknologi yang canggih jika tidak dibekali ilmu tersebut banyak remaja akan salah melangkah maka dibentuknya PIK remaja untuk menagulangi TRIAD KRR.

 

“ 3 resiko masalah Kesehatan Reproduksi Remaja yaitu pertama masalah seksualitas seperti hamil sebelum menikah. aborsi, termasuk kondisi yang sedang trend saat ini yaitu LGBT. dan penyalahgunaan narkoba serta terjangkit penyakit HIV/AIDS. Dengan dibekali ilmu  tingkat kenakalan remaja akan berkurang. Inilah tujuan pemrintah membentuk  PIK Remaja sebagai wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dalam memperoleh informasi dan pelayanan konseling agar masa depan remaja bisa terjamin, “ jelasnya

 

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Keluarga berencana (KB) Kecamatan Nanga Pinoh Trisnawati, S.Psi juga berharap bagi duta GenRe yang mewakili  pemilihan tingkat kabupaten Melawi agar sebagai peserta bisa kembali mengaktivkan forum genRe serta aktiv mensosialisasikan 4 subtansi genre yang tidak hanya dalam tataran wacana saja namun bisa mengaplikasikan kedalam lingkungan remaja dan masyarakat pada umumnya.

 

“ Saya berharap duta genre tingkat kabupaten Melawi terus mengaktivkan forum genRe dan semoga kedepanya peserta duta genre tidak hanya 3 kecamatan saja seperti kecamatan Nanga Pinoh, Pinoh Utara dan belimbing saja melainkan semua 11 kecamatan yang ada di Melawi dapat dihimpun, “ harapnya .(dika)