Cegah Kecurangan KPU Melawi Gerakan Hitung Manual Tingkat PPK

 

 

Rameranews. Com, Melawi – Sejak tanggal 18 April terpublikasi secara massif belasan TPS yang keliru entry di situng dan telah diperbaiki. Namun hal tersebut terus diviralkan dan dapat terbangun opini publik bahwa KPU Curang.

” Hal ini tidak baik karna kondisi tersebut tidak demikian, situng sebagai alat bantu seolah-olah menjadi sarana KPU melakukan kecurangan, ” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melawi Dedi Suparjo Minggu (21/04/19)

Dikataknya Sangat banyak masyarakat awam bahwa hasil pemilu situng bersifat sementara dan tidak menjadi dasar penetapan hasil pemilu. Secara bersamaan masih banyak yang tidak tahu seperti apa kegiatan rekap suara di kecamatan yang terbukti semakin mudah orang menuding KPU Curang dengan data kekeliruan hasil situng entry yg terjadi hanya pada belasan TPS.

” Guna meluruskan opini tersebut, kita lakukan Gerakan Posting Foto Hitung Manual di Kecamatan dan memberi penjelasan singkat bhw hitung Manual di kecamatan yang akan jadi dasar penetapan hasil pemilu serta dihadiri saksi peserta pemilu paslon, parpol dan perseorangan serta panwaslucam, ” jelas Dia.

Lanjut Dia Setiap saksi dan pengawas mendapat hasil rekap suara tersebut dan dapat mengajukan keberatan apabila terdapat hasil yang berbeda dan dilakukan klarifikasi/koreksi bila benar. ” Hasil rekap suara di kec akan jadi dasar untuk rekap suara di tingkat kabupaten/kota kemudian masyarakat dapat mengakses hasil rekap suara dikecamatan, ” jelasnya.

Dia juga menjelaskan Publikasi dilakukan melalui berbagai akun medsos (facebook, instagram, twitter) pribadi dan resmi PPK/KPU mengajak media massa dan elektronik lokal, website resmi dengan serba-serbi narasi yang mengedukasi publik.

” Kami melibatkan semua jajaran penyelenggara hingga relawan demokrasi, ” katanya.