Lebih Dari 100 Desa di Melawi Gelar Pilkades pada 2020

Ilustrasi Pilkades

RameraNews, Kalbar – Tahun 2019 hingga 2020 akan menjadi tahun politik, dari tingkat nasional sampai tingkat lokal. Pasalnya selain akan ada pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) pada tahun 2019, pada tahun 2020 pun Pemkab Melawi akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs. Junaidi  saat diruang Kerjanya. “Ya direncanakan tahun 2020 nanti akan ada kurang lebih 100 an desa yang akan menggelar Pilkades serentak,”  Belum lama ini.

Junaidi menerangkan, pelaksanaan Pilkades serentak di 110 desa tersebut sebagai proses demokrasi langsung karena sudah habisnya masa jabatan kepala desa yang bersangkutan.

“ Habisnya masa jabatan para kades itu di bulan – bulan yang berbeda. Namun, pelaksanaan pilkades akan dilakukan serentak. Saat ini kami masih melakukan berbagai persiapannya. Termasuk soal regulasinya baik perbup atau perda, usulan anggaran dan berbagai mekanisme serta tahapan Pilkades serentak tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tri Wahyu menjelaskan, Pelaksanaan Pilkades serentak sudah periode ke 2 kalinya dilakukan dari tahun 2016 Hingga tahun 2018. Artinya sesuai dengan undang – undang mewajibkan dua tahun sekali selanjutnya di tahun 2020 melawi akan mengelar pelaksanaan Pilkades Serentak sebanyak kurang lebih 110 desa,  ” jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*