Kalahkan PSG, Manchester United Lolos ke Perempat Final

Rameranews, Bola – Julukan ‘Raja Comeback’ memang pantas diberikan kepada Manchester United. Menghadapi PSG pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB, United berhasil menang dengan skor 3-1.

Kendati agregat gol menjadi imbang 3-3, United berhak lolos ke babak perempat final karena unggul agresivitas gol tandang. Pada laga ini dua gol dari Romelu Lukaku di menit kedua dan 30 lalu gol penalti Marcus Rashford saat injury time hanya bisa dibalas oleh gol Juan Bernat di menit ke-12.

Banyaknya pemain yang cedera membuat Ole Gunnar Solskjaer melakukan banyak perubahan di susunan pemain utamanya. Dalam balutan formasi 3-5-2, Solskjaer memainkan Fred, Scott McTominay, dan Andreas Pereira di lini tengah. Untuk lini depan, Solskjaer memasang duet Romelu Lukaku dan Marcus Rashford.

Adapun PSG, tampil dengan formasi 4-4-1-1 dalam pertandingan kali ini. Kylian Mbappe menjadi penyerang seorang dibantu Julian Draxler dan Angel Di Maria di kedua sisi.

Sementara, Marco Verratti dan Marquinhos menjadi tandem di lini tengah. PSG diuntungkan karena Edinson Cavani dan Thomas Meunier sudah pulih dan berada di bangku cadangan.

United yang butuh kemenangan langsung menggebrak sejak menit awal. Baru dua menit laga berjalan gol sudah berhasil dibuat oleh ‘Setan Merah’.

Adalah Romelu Lukaku yang membuat gol usai memanfaatkan kesalahan passing dari Thilo Kehrer. Usai melewati Buffon, Lukaku dengan tenang memasukan bola ke dalam gawang.

Ketinggalan satu gol membuat PSG tersengat. Serangan gencar pun dilakukan oleh pasukan Thomas Tuchel untuk menyamakan kedudukan.

Di menit ke-12, Juan Bernat mampu membuat gol ke gawang David De Gea. Eks pemain Valencia dan Bayern Muenchen itu sukses mengonversi umpan mendatar dari Mbappe dan mengubah kedudukan menjadi 1-1.

PSG yang menyerang melalui kedua sisi mampu merepotkan pertahanan United. Mbappe memiliki peluang di menit ke-16, tapi tendangannya masih mengenai jaring luar.

United yang lebih sporadis melakukan serangan akhirnya bisa kembali unggul di menit ke-30. Tendangan keras dari Rashford tak bisa ditangkap dengan sempurna oleh Gianluigi Buffon, bola muntah kemudian disambar oleh Lukaku dan membuat skor menjadi 2-1.

Usai unggul, United melakukan perubahan dengan memainkan Diogo Dalot mengganti Eric Baily. Keputusan yang masuk akal mengingat Baily menjadi titik lemah yang dieksploitasi pemain PSG.

Masuknya Dalot membuat United tampil dengan pola 4-4-2. Menariknya, Dalot yang main lebih ke depan dan Young yang difungsikan sebagai bek sayap kanan.

Perubahan pola ini membuat pertahanan Unoted lebih rapat. Mereka pun berhasil menahan gempuran PSG dan membuat babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

Lepas jeda, PSG terus memberikan tekanan kepada United. Namun, pertahanan rapat dari United membuat sang tuan rumah sangat kesulitan untuk membuat gol.

Kegembiraan Juan Bernat dan penggawa PSG lainnya usai mencetak gol. Foto: REUTERS/Benoit Tessier

Percobaan PSG untuk membuat gol berasal dari tendangan-tendangan jarak jauh. Seperti yang dilakukan Di Maria di menit ke-58. Tapi, De Gea masih bisa mengamankan gawangnya.

Kesulitan menembus pertahanan United, Tuchel melakukan perubahan. Meunier dan Paredes dimainkan, Kehrer dan Draxler ditarik keluar.

Perubahan juga dilakukan oleh United untuk bisa mencetak gol lagi. Tahith Chong dimainkan untuk mengganti Pereira.

Perubahan-perubahan itu membuat pertahanan United sedikit terbuka. Di Maria hampir saja membobol gawang United tapi tendanganya masih mengenai tiang gawang.

Tapi, petaka menimpa PSG pada masa injury time. Presnel Kimpembe dinilai menyetuh bola dengan tangan saat menahan sepakan Dalot.

Melalui teknologi VAR, wasit Damir Skomina asal Slovenia menunjuk titik putih.

Rahsford yang menjadi algojo dengan tenang mencetak gol ke gawang Buffon. United pun menang dengan skor 3-1 dan lolos ke babak perempat final Liga Champions.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*