Badan Jalan Penyuguk Alami Longsor

Jalan longsor di tepi bantaran sungai Desa Penyuguk, Ella Hilir

RameraNews, Melawi – Beberapa hari belakangan ini Hujan deras terus mengguyur kabupaten Melawi menimbulkan bencana tanah longsor di sejumlah titik di kecamatan belimbing. Selain longsor, juga terjadi pergerakan tanah dan banjir luapan sungai salah satunya desa penyuguk kecamatan ella hilir kabupaten Melawi

Hampir setengah badan jalan lebar 3 meter itu akibat guyuran hujan serta naiknya air sungai ella  tersebut membuat jalan yang berada didesa penyuguk terkena dampak.

Salah seorang pemuda Desa penyuguk Hilarius Neko  menyebutkan longsor yang memakan badan jalan tersebut merupakan akibat dari terjangan sungai ella serta guyuran hujan seharian. Hampir setengah badan jalan rusak  akibat derasnya hujan serta terjangan arus sungai ella.

“ Jaraknya sekitar 1 setengan meter putus namun bisa dilalui hanya untuk kendaraan roda dua saja kalau untuk roda empat sepertinya tidak bisa. Jalan tersebut dekat sekali berbatasan dengan kalimantan tengah biasanya masyarakat kalau menuju ke kabupaten atau ke kecamatan bisa melalui dua akses, yang pertama jalan yang longsor ini yang satunya melewati kalteng, “ ungkapnya selasa (4/03/19) saat di hubungi via seluler

Menurut dia dengan situasi serta kondisi seperti ini  akses jalan desa sedikit agak terganggu karna sebagian masyarakat menggunakan jalan tersebut sejak tahun 2005. “ Memang jalan ini rawan longsor karna dekat dengan sungai lama kelamaan akan mengakibatkan jalan yang ada terkikis oleh derasnya terjangan air sungai ella. Kami berharap jalan ini dilaihkan ke arah yang tidak jauh dari sungai ,” tuturnya (dik)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*